Pembuatan Function PowerBuilder

Prakata : Tulisan atau artikel ini dimaksudkan bukan untuk mengajarkan kepada Anda yang membacanya, namun Kami sekedar menulis dengan maksud apabila Kami lupa akan cara pembuatan Function pada PowerBuilder, maka Kami dapat ingat kembali dengan melihat dan membaca tulisan Kami ini. Namun alangkah baiknya apabila bermanfaat bagi Anda-anda yang membacanya, tak sedikitpun terbersit niat bahwa “Kami adalah seorang master dalam bidang pemrograman”, Kami hanya mencoba menuangkan sedikit pengetahuan Kami untuk dibagikan kepada rekan-rekan yang mungkin masih awam terhadap pemrograman PowerBuilder.

Definisi Function : ialah prosedur yang dapat memberikan suatu hasil balik ke program yang memanggilnya atau tidak meberikan hasil balik sama sekali. Hasil balik ini biasanya berupa suatu nilai yang dibutuhkan oleh bagian program yang memanggilnya.

Apa yang membedakan pemrograman PowerBuilder dengan pemrograman lainnya?, hakikat sebuah pemrograman adalah sama, yang membedakan hanyalah bahasa (sytax) yang digunakan.
Seperti contoh : Jika pada VisualBasic, mendaftarkan Variabel harus diawali dengan menuliskan DIM/Dim/dim diikuti dengan nama variabelnya, maka pada PowerBuilder cukup dengan menuliskan tipe data dan diikuti dengan nama variabelnya saja String (Nama Variabel) sebagai contoh :

Mendaftarkan Variabel pada VisualBasic
Mendaftarkan Variabel pada PowerBuilder

Dim Str_Kode As String

String Str_Kode

Sekarang, anggap saja kita ingin membuat sebuah Function/Funsi yang outputnya menampilkan sebuah messagebox, ketentuannya WorkSpace, Library, Application dan sebuah Window PowerBuilder sudah tersedia.


 
Langkahnya adalah : Menu File >> New >> Pilih Tab PB Object >> Pilih Function. (akan ditampilan jendela seperti dibawah ini :)




 Setelah itu akan ditampilkan layar seperti dibawah ini :

Perhatikan disana terdapat label Access, Return Type, Function Name, Pass By, Argument Type, Argument Name, Throws.
Function Name adalah nama Function yang kita buat
Argument Name adalah nama variabel yang akan diberikan nilai pada saat pemanggilannya nanti.

Maka Function Name : funct_messagebox dan Argument Name : argm_name. Kemudian kita masukkan syntax dibawahnya, Kami umpamakan seperti ini  :

if argm_name = 1 then
                Messagebox("  ::.. Test Function "," Nilai adalah : " + string(argm_name) + ".     ~r      ",Information!)
else
                Messagebox("  ::.. Test Function "," Nilai adalah : " + string(argm_name) + ".     ~r      ",Information!)
end if
return 1

Untuk mengetahui apakah syntax ini salah tidaknya coba SAVE. Jika terjadi kesalahan pasti ditampilkan Error-nya dimana, setelah itu kita simpan Function yang telah kita buat ini, Kami beri nama funct_messagebox.


 
Sekarang buka Window yang akan memanggil Function funct_messagebox yang telah kita buat tadi, buka pada jendela listing code .







Syntax code-nya adalah :
funct_messagebox (1)

Kemudian jalankan programnya, maka yang program yang berjalan pada percobaan Kami adalah ditampilkannya pesan seperti gambar ini :





Keterangannya ialah :
funct_messagebox         : adalah syntax pemanggila Function tadi;
(1)                                          : adalah nilai yang diberikan pada Variabel argm_name

Sekarang kita coba merubah syntax funct_messagebox (1) menjadi funct_messagebox (2) dimana nilai pada Variabel argm_name diberikan nilai 2 (dua), maka yang program yang berjalan pada percobaan Kami adalah ditampilkannya pesan seperti gambar ini :




Logika dari syntax diatas adalah : Jika nilai argm_name sama dengan (=) satu (1), maka “tampilkan pesan Nilai adalah : 1” dan jika else (yang bukan satu) , maka “tampilkan pesan Nilai adalah : 2”
Nilai 2 (dua) adalah jika nilai yang diberikan pada argm_name adalah  sama dengan (=) satu (2).
Cobalah mengganti syntax code : funct_messagebox (1) menjadi funct_messagebox (100)!.

Pascakata : Demikian sedikit percobaan dari Kami mengenai Function pad PowerbBuilder, Semoga tulisan atau artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membacanya, untuk lebih mantap lagi coba kembangkan keberbagai penggunaan dengan berbagai macam tipe data Variabelnya. Kami pun masih mengembangkan ke Function yang lainnya seperti pengecekan inputan Kode_Karyawan terhadap tabel Karyawan dengan bahasa pemrograman PowerBuilder.

Untuk detailnya silahkan ambil : Pembuatan Function PowerBuilde.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Split File Zip Dengan 7-Zip

Load Dan Insert Image ke MySQL BLOB dengan VB6