Postingan

Blind Search AI

Gambar
BLIND SEARCHING Blind Search merupakan pencarian asal yaitu, jika solusi pencarian sudah ditemukan, maka pencarian akan dihentikan. Skema pencarian buta hanya mengenal 3 bagian yaitu [masalah]-[pencarian]-[solusi]. Metode Pencarian Buta(Blind Search) BFS (Breadth – First Search) : Metode ini akan mulai mencari dari node yang paling kiri, kemudian berpindah ke-node se-level dengannya, dan berulang – ulang terus hingga menemukan solusi yang dimaksud. Keuntungannya : Tidak menemui jalan buntu. Jika ada suatu solusi, maka Breadth-first search akan menemukannya. Dan jika didapat lebih dari satu solusi, maka solusi minimum akan ditemukan.   Kelemahannya : TABLE I. Membutuhkan memori yang cukup banyak, karena menyimpan semua node dalam suatu pohon. TABLE II. Membutuhkan waktu yang cukup lama, karena akan menguji n level untuk mendapatkan solusi pada level ke-(n + 1). DFS (Depth-first Search) : Metode ini sering disebut juga pencarian mendalam. Sesuai dengan namanya “pencarian mendalam”, ...

Penyelesaian Masalah Dalam AI

Ada 4 hal yang harus diperhatikan dalam Penyelesaian Masalah Dalam AI antara lain :  Analisa Masalah  Representasi Masalah dan Pengetahuan  Inferensi  Penggunaan Bahasa Al Analisa Masalah Langkah untuk menganalisa masalah yang muncul dan mengungkapkan masalah tersebut dala satu sistem simbol. Sistem dapat merupakan diagram, skema, graf atau simbol "yang lain. Sistem simbol ini harus menggunakan dala bahasa pemgrograman Al.  Terdapat status Initial dan Goal State Secara umum pendefinisian masalah sebagai suatu ruang keadaan termasuk 3 hal:  Posisi Awal (initial State) Aturan (Rule)  Tujuan (Goal) Representasi Masalah dan Pengetahuan  Dalam memecahkan soal, yang dibutuhkan representasi semesta masalah (Problem Domain).  Hal ini mencakup pengetahuan yang dibutuhkan dalam penyelesaian masalah dan berkaitan dengan cara pengolahan pengetahuan.  Representasi sangat penting laporan komputer dapat mengolah secara tepat dan benar.  Mis: Logik...

Sistem Operasi

Pertanyaan: Apakah buffering, main storage dan overlay itu? B uffering Buffering yaitu proses menunggu pengisian/download video/audio dari internet, biasanya terjadi pada saat membuka video di website atau SmartPhone. Main Storage Main Storage adalah memori yang berfungsi sebagai penampung data, instruksi/progaram dari input device untuk dilanjutkan ke CPU (Central Processing Unit) dan juga tempat untuk menampung data/hasil kerja dari CPU sebelum dilanjutkan ke Output Unit, namun bersifat sementara waktu selama pengolahan berlangsung. sumber: https://brainly.co.id/tugas/8577234 Overlay Overlay merupakan sebuah proses/teknik pemrograman yang berfungsi membagi program yang besar menjadi bagian yang kecil sehingga dapat dimuat secara parsial ke dalam suatu page memori yang berukuran kecil. Pertanyaan: Mengapa apa sistem operasi Windows lebih rentan terkena virus? " Mengapa system operasi Windows lebih rentan terhadap virus ketimbang system operasi lainnya, berikut al...

Jawaban UTS MK. Sistem Operasi

Gambar
1. Jelaskan perbedaan antara sistem operasi dan program aplikasi. Sistem operasi atau OS merupakan sebuah perangkat lunak yang tertanam  atau terinstal pada suatu komputer yang bertanggung jawab untuk mengatur sumber daya(listrik) terhadap perangkat keras lainnya dan sebagai pengatur input output. Operating System diumpamakan sebuah rumah/tempat diinstal nya program-program komputer(application program) sehingga tanpa operating system program aplikasi tidak akan dapat berjalan. Program aplikasi merupakan kumpulan beberapa prosedur-prosedur dan algoritma yang dibuat untuk melaksanakan tugas tertentu yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. 2. Jelaskan apa yang disebut open source dan berikan contoh sistem operasi yang menggunakan sistem tersebut (open source) Sistem operasi open source adalah sistem operasi yang kode sumbernya dibuka bebas oleh pengembangnya sehingga bisa dipelajari, diubah, dikembangkan, dan disebarluaskan...

Contoh Pembuatan Aplikasi Rekord Delphi Console

Gambar
Pemrograman Dasar - Rekord Mr. Berry Prima, S. Kom Rekord merupakan type data terstruktur yang digunakan untuk menyimpan sejumlah data dengan type data yang berbeda dalam suatu tempat yang  merupakan konsep dasar dari DataBase. Deklarasi Rekord antara lain : Type Pengenal : Record NamaField1 : typedata; NamaField2 : typedata; ... NamaField(n) : typedata; program ProjectTestRecord; {$APPTYPE CONSOLE} uses   Windows,   Messages,   SysUtils; const maks=3; type   data_mhs = record      nim : string[10];      nama_mhs : string[25];      nilai_mhs : string[25]; end; var   mhs : array[1..maks] of data_mhs;   nmr, nama : string[25];   i, n, nilai : Integer;   pilihan, cek : char;   procedure ClrScr;     var       hStdOut: HWND;       ScreenBufInfo: TConsoleScreenBufferInfo; ...

Source Code Program Sort Nilai Min_Max

Source Code Program Sort Nilai Min_Max Dibuat menggunakan Tools Delphi7 , dalam rangka penyelesaian tugas MK. Pemrograman Dasar STIKOM Al-Khairiyah Cilegon dengan Dosen Bpk. Berri Prima,S.Kom tahun 2018. Diposting sebagai dokumentasi dan berbagi wawasan tentang dasar pemrograman. program ProjectSortNilai; {$APPTYPE CONSOLE} uses   SysUtils; const maks=5; type bil = array[1..maks] of integer; var   bill:bil; i, a, b, j, n : Integer;   avrg : real; begin   { TODO -oUser -cConsole Main : Insert code here }   {Input element Array}   writeln('');   writeln(' ======================================');   writeln(' PROGRAM SORTING, MIN MAX DAN RATA-RATA');   writeln(' ======================================');   for i := 1 to maks do     begin       write(' Masukkan Nilai Ke ',i,' : ');       readln(bill[i]);       {PROSE...

Algoritma Cek Bilangan Positip Atau Negatip

Algoritma ini dibuat dalam rangka tugas mata kuliah Praktikum Algoritma STIKOM Al-Khairiyah Cilegon, algoritmanya sederhana sekali. Deklarasi  a : integer Deskripsi input bilangan(a)  if a < 0 then cetak (a) Bilangan Negatif else cetak (a) Bilangan Positif end if Ket : Variable integer digunakan agar input yang dimasukkan adalah bilangan bulat Algoritma if a < 0 bisa diganti dengan if a > 0 , namun statemen di bawahnya di bawah ini : Deklarasi  a : integer Deskripsi input bilangan(a)  if a > 0 then cetak (a) Bilangan Positif else cetak (a) Bilangan Negatif end if  ......